Membuat Media Pembelajaran Berbasis Android (bagian 3)
Tutorial ini merupakan
lanjutan dari tutorial sebelumnya mengenai cara
membuat media pembelajaran berbasis android dengan Construct 2. Kita akan
menggunakan kembali software pembuat game atau aplikasi berbasis HTML5 yang
dikhususkan untuk platform 2D ini. Software yang dikembangkan oleh Scirra ini berbeda
dengan Adobe Flash CS 6, karena Construct 2 tidak menggunakan bahasa
pemrograman khusus, karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam
EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Sehingga, untuk mengembangkan
game atau aplikasi dengan Construct 2 kita tidak perlu menguasai bahasa
pemrograman yang sulit. Project dari Construct 2 juga bisa kita jalankan di
komputer atau laptop kita melalui browser sebelum di export ke APK.
Pada tutorial
sebelumnya telah dibahas langkah pembuatan media sampai dengan menambah layout
dan eventsheet untuk menempatkan tombol-tombol navigasi. Layout dan evensheet
ini pada tutorial bagian 2 kita beri nama yang sama, yaitu “Menu”.
Tombol-tombol perlu disiapkan terlebih dahulu, baik dengan download di internet
maupun kita buat di software grafis ataupun kita buat di Powepoint. Setiap
tombol berupa shape atau pun gabungan gambar dan shape yang kita simpan dalam
bentuk gambar (save as picture) dengan
format PNG. Berikut ini contoh tombol yang dibuat di Powerpoint:
Setelah semua tombol
telah siap, sisipkan tombol satu per satu ke dalam layout Menu dengan cara seperti
menyisipkan background, yaitu dengan klik kanan pada layout kemudian pilih Insert new object kemudian pilih Sprite. Jika anda merasa kesulitan maka silahkan
baca kembali tutorial bagian 1. Aturlah besar kecilnya tombol. Jika langkah
anda benar maka tampilan pada layout Menu adalah sebagai berikut.
Untuk memudahkan
kerja kita maka setiap gambar atau object yang kita sisipkan ke dalam layout
sebaiknya kita beri nama yang berbeda. Lihat pada Project Bar di sebelah kanan layout, semua object yang telah kita
sisipkan ada di folder Object types, ubah nama masing-masing
object (sprite) dengan klik kanan kemudian
pilih Rename. Lalu ketikkan nama
object yang sesuai.
Setelah selesai
tambahkan layout dan evensheet untuk materi, latihan soal dan evaluasi
masing-masing 1 layout dan 1 eventsheet. Cara menambah layout dan eventsheet
dapat dilihat di tutorial bagian 2. Ubah nama layout dan eventsheet menjadi materi,
latihan soal dan evaluasi.
Tambahkan background
untuk masing-masing layout tersebut seperti pada saat memberi background pada
layout Menu.
Bersambung....
Post a Comment